Senin, 14 Februari 2011

IP MAN™



Ip Man adalah Hong Kong 2008 semi biografi action film seni bela diri yang sangat longgar didasarkan pada kehidupan Ip Man, seorang grandmaster seni bela diri Wing Chun dan orang pertama yang mengajarkan seni terbuka. Salah satu muridnya adalah seniman bela diri yang berpengaruh dan diakui secara luas dan pembuat film Bruce Lee. Film ini berfokus pada peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Ip yang diduga terjadi di kota Foshan selama Perang Sino-Jepang Kedua. Film ini disutradarai oleh Wilson Yip, dan bintang-bintang Donnie Yen sebagai Ip Man, dengan koreografi seni bela diri oleh Sammo Hung. Pemain pembantu termasuk Simon Yam, Lynn Hung, Lam Ka-tung, Xing Yu dan Hiroyuki Ikeuchi.


Gagasan tentang sebuah film biografi Ip Man berasal pada tahun 1998 ketika Jeffrey Lau dan Corey Yuen mendiskusikan ide membuat sebuah film berdasarkan master seni bela diri Bruce Lee. Namun, studio yang memproduksi film yang diusulkan tertutup, dan proyek ini ditinggalkan. Produsen Raymond Wong memutuskan untuk mengembangkan sendiri Ip Man film dengan persetujuan penuh dari anak-anak Ip, dan memiliki kepala pembuat film untuk Foshan untuk penelitian kehidupan Ip. Ip Chun, anak tertua Ip Man, bersama dengan seni bela diri master Leo Au-Yeung dan beberapa praktisi Wing Chun menjabat sebagai konsultan teknis untuk film ini. Pokok fotografi untuk Ip Man dimulai pada Maret 2008 dan berakhir pada Agustus; syuting berlangsung di Shanghai, yang digunakan untuk menciptakan arsitektur Foshan. Selama pembuatan film, muncul konflik antara produsen Manusia Ip dan pembuat film Wong Kar-wai atas judul film kerja. Wong, yang telah mengembangkan film biografi sendiri Ip Man, bentrok dengan produsen setelah mengetahui bahwa film mereka akan berjudul Grandmaster Ip Man (tradisional Cina: 一代 宗师 叶 问), yang terlalu mirip dengan judul film Wong. Para produsen dari Ip Man setuju untuk mengubah judul film, meskipun film Wong berada di neraka pembangunan.

Ip Man perdana di Beijing pada tanggal 10 Desember 2008, dan dirilis teatrikal di Hong Kong pada tanggal 19 Desember 2008, menerima pengakuan luas dari kritikus dan penonton. Sebelum rilis film itu, Raymond Wong mengumumkan bahwa akan ada sekuel, sebuah angsuran kedua berjudul Ip Man 2, dirilis pada bulan April 2010. Ip Man kotor lebih dari US $ 21 juta di seluruh dunia, walaupun tidak dirilis di Amerika Utara dan kebanyakan negara Eropa. Setelah keberhasilannya, film ini dinominasikan untuk 12 Hong Kong Film Awards, memenangkan penghargaan Best Film dan Best Action Koreografi.

0 komentar:

Posting Komentar